Definisi SPAM
SPAM atau yang biasa disebut juga
dengan junk mail, adalah email yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas
komputer dalam bentuk surat elektronik (email), Instant Messaging, Usenet,
newsgroup, blog, dll. SPAM tidak diinginkan oleh pengguna komputer karena SPAM
biasanya berisi iklan dari perusahaan yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi
para pengguna web. Biasanya, SPAM akan dirasa mengganggu apabila jumlah email
atau lainnya dikirim dalam jumlah yang banyak / besar.
Dampak buruk dari adanya SPAM antara lain :
- Terbuangnya waktu, untuk menghapus berita-berita yang
tidak kita inginkan
- Harddisk menjadi penuh, harddisk penuh mengakibatkan
mail server tidak dapat menerima email lainnya.
- Menghabiskan Pulsa Telepon / Bandwidth, dengan
terkirimnya email yang tidak kita inginkan dalam jumlah besar, akan
menghabiskan bandwidth (yang menggunakan Dial Up ke ISP) dan mengganggu
layanan lainnya yang lebih penting
- Virus dan Trojan, Kemungkinan adanya Virus atau Trojan
yang menyusup didalam SPAM
Cara Kerja SPAM
Para Penyebar SPAM biasanya juga
menggunakan mail server orang lain, juga alamat e-mail yang bukan menunjukkan
identitas pemiliknya dalam artian alamat e-mail tersebut memang benar ada tapi
si pengirimnya bukan yang punya. Mengirim e-mail menggunakan alamat e-mail
seperti diatas, sangat dimungkinkan karena protokol SMTP (Simple Mail Transfer
Protocol) yang digunakan dalam pertukaran e-mail tidak pernah memverifikasi
alamat e-mail dengan alamat IP-nya. Artinya, orang bebas mengirim e-mail dari
manapun (dari alamat IP apapun) dengan menggunakan alamat e-mail siapapun.
Penanggulangan SPAM
Pada dasarnya SPAM tidak dapat kita
hapus, tetapi ada beberapa cara yang dapat mengatasi masuknya SPAM. Sampai saat
ini,belum ada satupun cara untuk menghilangkan SPAM, yang ada adalah mengurangi
SPAM. Cara yang banyak digunakan saat ini adalah mengotomatisasikan proses
pemilahan antara e-mail SPAM dan yang bukan SPAM dengan menerapkan teknologi
filter.
Adapun hal-hal lain yang dapat
membantu mengurangi SPAM adalah :
- Jika mungkin, gunakan e-mail lain (selain e-mail untuk
bisnis) sewaktu berkorespondensi untuk hal-hal di luar bisnis, misalnya
mailing list. Banyak penyebar SPAM yang menggunakan alamat dari mailing
list untuk melancarkan aksinya.
- Aktifkan anti-virus dan personal Firewall pada PC.
Kebanyakan SPAM pada saat ini yang mengandung virus atau Trojan yang dapat
menggangu sistem pada PC dan jaringan. Biasanya, program Trojan tadi
digunakan untuk menyebarkan e-mail SPAM ke alamat lain yang tercantum pada
address book.
- Aktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada
server e-mail. Cara ini untuk memastikan bahwa e-mail server kita tidak
dijadikan sasaran untuk tempat transit e-mail SPAM. Untuk mengetahui
apakah mail server kita menerima relay dapat dicek melalui www.abuse.net/relay
- Gunakan fitur dalam program e-mail yang dapat
mengelompokkan e-mail. Program e-mail seperti Microsoft Outlook dan
Mozilla Thunderbird dapat mengelompokkan e-mail seperti mengelompokkan
e-mail dari internal, dari rekanan dan sebagainya. Dengan pengelompokan
ini, walau tidak mengurangi SPAM sama sekali, kita dapat melakukan
prioritas dalam membaca e-mail, dan e-mail yang penting tersebut tidak
tercampur baur dengan SPAM e-mail.
0 komentar:
Posting Komentar